Rasa Pahit

"Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat,yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit" (Yesaya 5: 20).


    Pernahkah Anda di bingungkan rasa pahit dan manis? Biasanya itu tidak akan pernah menjadi masalah karena rasa manis itu enak bagi kebanyakan orang, dan sebahagian besar bahan kimia rasa manis itu kaya kalori dan sumber makanan yang baik. Di sisi lain bahan kimia rasa pahit pada umumnya kita anggap kurang menyenangkan. Tanaman yang mengandung alkaloid, amina, dan garam ammonium, rasa pahit, sebahagian besar mengandung racun dan toksik. Jadi rasa pahit merupakan tanda peringatan yang sangat baik yang dengan berani menyatakan "Jangan Makan!" Satu kesamaan yang terjadi pada sel penditeksi rasa manis dan rasa pahit, dan keduanya memiliki bahan kimia sangat beragam yang akan menyebabkan kedua rasa itu menembakkan sinyal ke otak.
     Dan meskipun kita masih harus banyak belajar bagaimana kedua sistem kerja detector kimia yang kontras itu bekerja bersama, namun tampaknya keduanya memiliki beberapa mode untuk mengigatkan kita kepada rasa yang menyenangkan dan manis atau tidak menyenangkan dan pahit. Bukti menunjukkan bahwa kedua sistem bekerja ketika molekul rasa “masuk” ke reseptor permukaan sel dan memicu sensasi rasa. Tapi bukti lain yang sangat mendukung kesimpulan adalah bahwa dalam keragaman molekul rasa yang menghasilkan respons, setidaknya beberapa darinya dengan cepat akan melewati membran sel dan bekerja pada berbagai bagian jalur sinyal transduksi di dalam sel.
     Banyak orang menggunakan tanaman alkaloid tertentu. Salah satu adalah memiliki sifat adiktif dan alkaloid beracun yang sangat tinggi yang disebut nilkotin yang dihasilkan tanaman tembakau. Daunnya menyimpan racun dengan tujuan untuk membunuh serangga yang memakannya. Orang yang merokok menerima nikotin dosis kecil yang pengaruh utamanya adalah untuk membuat mereka sangat tergantung pada rokok. Biji kopi merupakan sumber lain yang mengandung bahan alkaloid, termasuk kafein, berbagai xanthenes, teofilin, theobromine, dan trigonelline. Beberapa zat ini sangat pahit, tetapi karena ditutupi oleh bahan kimia lainnya maka banyak orang yang menikmati rasa kopi. Kafein juga memiliki sedikit adiktif, bagi peminum berat akan mengalami sakit kepala dan tidak bekerja dengan baik tanpa minum kopi.
     Saya bersyukur kepada Sang Pencipta karena memberikan kita sistem perasa handal yang jarang membingungkan antara mana yang baik dan mana yang buruk. Tentu saja penipu besar memilki sebuah misi untuk mendefenisikan kembali yang baik dan jahat.

Allah dan Pencipta, saya mengundang Engkau ke dalam hidup saya dan ke dalam reseptor sensorik saya sehingga saya selalu tahu perbedaan antara baik dan jahat. Perkuatlah keamanan saya untuk berbuat baik dan menjauhi kejahatan.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan