Bunga Salju 

“Dari dalam kandungan siapakah keluar air beku, dan embun beku di langit, siapakah yang melahirkannya?”’ (Ayub 38 : 29). 

    Tidak diragukan lagi bahwa semua orang telah mendengar pernyataan bahwa tidak ada dua kepingan salju yang persis sama. Apakah itu benar? Kami mengalami hujan salju lebat di Michigan, jadi saya menghabiskan beberapa jam keluar rumah untuk menggali dan seorang diri telah memindahkan triliunan kepingan salju. 
    Tentunya di suatu tempat di alam semesta, sepanjang tahun selalu bersalju, pasti ada dua kristal es yang (atau setidaknya pernah ada) persis sama. Dan selain itu, siapa yang akan tahu? Siapa yang memeriksa setiap kepingan salju? Jadi, menurut fisikawan California Institute of Tecnology, Kenneth G. Libbrecht yang mengelola situs web yang sangat informativ dan menarik di Snow Crystals.com, kemungkinan adanya dua keping salju yang benar-benar identik pada tingkat atom “tidak dapat ditemukan alias nol.” Libbrecht menjelaskan alasannya. Secara singkat, katanya, satu keping salju kecil berisi sekitar 1.000.000.000.000.000.000 (1018) molekul air persis sama. Benar, molekul air terdiri dari dua atom hydrogen terikat pada satu atom oksigen. 
     Tapi hydrogen dan atom oksigen memiliki isotop yang berbeda (penggolongan berat). Jadi mengingat frekuensi yang dikenal dari isotop hydrogen dan oksigen, maka diperkirakan 1015 dan 1018 molekul dalam satu bunga salju kecil memiliki hydrogen dan/atau oksigen yang berat. Penempatan molekul isotop air selama pembentukan kristal berkontribusi memberikan stuktur yang bervariasi dalam kepingan salju. Ditambah lagi dengan fakta bahwa suhu dan kelembapan juga mempengaruhi pembentukan kepingan salju, dan sangat mudah untuk melihat bahwa cara untuk menempatkan Kristal salju secara bersama-sama sangat sulit. Kami bahkan tidak bisa menebak apa yang akan terjadi. 
     Tapi angka 1 yang diikuti 100 hingga 300 nol adalah titik awal yang baik. Angka itu sebenarnya jauh lebih besar daripada jumlah atom yang dapat diamati di alam semesta ini, dimana ilmuwan memperkirakan 1 diikuti oleh hanya 80 nol. Tentunya tentang salah satu harta salju yang Ayub mungkin tanyakan (lihat Ayub 38:22) adalah keindahan dan kerumitan kristal salju. Allah kita harus melukiskan, dan variasi yang tak terbayangkan. Dan untuk itu kita sadari juga, itulah sebabnya tidak ada individu manusia yang sama, karena banyak kemungkinan formulasi Allah dalam menciptakan seseorang. 
   Tuhan, Engkau merajut saya dalam kandungan ibu saya. Saya juga harus menjadi unik dan istimewa bagi-Mu. Betapa berharganya saya dalam pemikiran-Mu, ya Allah! Betapa sangat besar nilainya!

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan