Rumput yang Menghijau 

"Ia melepaskannya ke seluruh kolong langit, dan juga kilat petir-Nya ke ujung-ujung bumi"(Ayub 37: 3)."Kedua tangan-Nya diselubungi-Nya dengan kilat petir dan menyuruhnya menyambar sasaran" (Ayub 36: 32). 

      Pernakah Anda memperhatikan bagaimana rumput segar dan hijau setelah serangan angin kencang di sekitar Anda? Itu tampak saat cuaca lebih gelap dan suara anginnya lebih kencang, dan lebih banyak petir dan guntur terjadi saat itu, tetapi rumputnya justru akan semakin hijau dan indah sesudahnya. Efek ini terjadi karena penyiraman yang intens bagi rumput yang haus. Dan kemudian ada beberapa efek lain setelah kegelapan, kesuraman, badai di langit yang dipadu dengan sinar matahari cerah kemudian menerangi rumput zamrud yang mekar setelah badai. 
     Dalam pengamatan saya, hanya sedikit orang yang menyadari rahmat tambahan yang diterima setelah badai petir telah berlalu. Faktanya bahwa halaman Anda, semak, pohon, dan tanaman mendapatkan dosis pupuk nitrogen, dan patut berterima kasih karena reaksi kimia indah yang dihasilkan oleh petir. Berikut ini cara kerjanya. Udara kering secara normal terdiri dari molekul nitrogen 78,1 persen, 20,9 persen molekul oksigen, dan sisanya terdiri dari banyak gas-gas lain, seperti hydrogen, argon, helium, ozon, dan karbon dioksida, semua dalam jumlah yang jauh lebih kecil. 
     Molekuler nitrogen adalah molekul diatomik yang dikenal sebagai N2. Dua atom N2 dihubungkan oleh ikatan kovalen tiga, ikatan sangat kuat, yang membuat tanaman tidak dapat menggunakan nitrogen atmosfer. Produksi pupuk komersial dimulai dengan hydrogen dari metana atau batubara, nitrogen dari udara, suhu tinggi dan tekanan tinggi untuk membantu memecahkan ikatan rangkap tiga, dan beberapa katalis untuk mengubah nitrogen atmosfer menjadi amonia NH4, yang kemudian teroksidasi menjadi nitrat dan nitrit yang digunakan tanaman. 
     Membuat pupuk komersial membutuhkan waktu dan proses menggunakan minyak bumi, itulah sebabnya mengapa harga pupuk terus meningkat seiring biaya energi. Saya bersyukur bahwa Tuhan dalam kebijaksanaan-Nya menyuruh petir untuk mencapai maksud-Nya, dan itu lebih cepat daripada yang dapat Anda katakan "Ka-boom," yaitu panas dan tekanan besar petir mengubah nitrogen atmosfer secara langsung menjadi amonia, nitrat, dan nitrit. Dalam ruang reaksi Allah, molekul ini dengan cepat bergabung dengan hujan yang menyuburkan rumput Anda. Bonus hadiah ini datang pada setiap badai petir. Marilah kita menyembah dan memuji Dia untuk pekerjaan-Nya yang indah. 
    Tuhan, terima kasih untuk teladan Raja Daud, yang memerintah yang takut akan Allah seperti cahaya pagi, seperti kecerahan setelah hujan yang membuat rumput bertumbuh dengan subur pada permukaan tanah.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan