Pelajaran dari Alam 

     Di seluruh Alkitab, gambaran dari alam telah digunakan untuk mengajarkan kebenaran-kebenaran rohani. Di sini, juga, menggunakan alam, amsal mengajarkan kita pelajaran tentang kerendahan hati. 
Bacalah Amsal 30:18, 19. Apakah yang disampaikan di sini, juga, tentang batas-batas pemahaman manusia? 
      Agar melihat misteri bahkan dalam banyak hal-hal yang "umum." ini adalah suatu campuran misteri-misteri yang menarik yang ia hadirkan di sini; Dua yang pertama adalah dari binatang, elang yang melayang melintasi langit, ular perlahan bergerak di bumi. Dia kemudian bergeser kepada dua tindakan manusia: Sebuah kapal di laut, dan seorang pria dengan seorang wanita. Bahkan saat ini, dengan semua pengetahuan ilmiah kita, masih begitu banyak misteri. Betapa pentingnya agar kita tidak pernah kehilangan apresiasi kita, terhadap kedalaman dan keagungan hidup. Sikap itu pasti akan menolong kita tetap rendah hati di hadapan Allah. 
     Bacalah Amsal 30:24-28. Apakah misteri-misteri lain dari alam menarik. perhatian penulis yang terpesona? Sungguh menarik bahwa ayat-ayat sebelumnya (Ams. 30:20-23) berkaitan dengan kebodohan manusia, kesombongan, dan perbuatan jahat. Dia kemudian bergeser ke dunia hewan, menunjuk kepada makhluk-makhluk kecil dan rendah hati, meskipun dia menggunakan kata Ibrani yang sama untuk “hikmat” dalam referensi untuk mereka (makhluk-makhluk) yang digunakan dalam referensi kepada manusia (Ams. 3:13) dan bahkan Allah sendiri (Ayb. 12:13; Mzm. 104:24). Bahkan saat ini, dengan semua kemajuan kita dalam ilmu pengetahuan, bagaimana makhluk-makhluk ini melakukan apa yang mereka lakukan tetap di luar pemahaman kita sepenuhnya. Betapa lagi tindakan-tindakan mereka pasti telah membingungkan orang berhikmat ini di zamannya. Dan dia memang berhikmat, karena salah satu bukti utama dari hikmat adalah mengakui betapa sedikitnya yang kita tahu, bahkan hal-hal yang umum. 
Pikirkan beberapa hal-hal "sederhana" di alam: Daun pohon; setetes air; kulit kerang. Bagaimanakah seharusnya fakta bahwa hal-hal yang penuh misteri ini membuat kita tetap rendah hati?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan