Pemalas

"Si pemalas mencelupkan tangannya ke dalam pinggan, tetapi ia terlalu lelah untuk mengembalikannya ke mulutnya” (Ams. 26:I5). Sebagaimana para siswa menghabiskan lebih banyak waklu dan tenaga bersiap untuk menyontek di ujian daripada belajar untuk itu, adalah ironis bahwa orang malas bekerja keras untuk menemukan maaf bagi kemalasannya.

Bacalah Amsal 26:13-16. Apakah yang diamarkan kepada kita di sini?
    Orang malas mungkin benar: “Ada singa dijalan!” (Ams. 26:13). Oleh karena itu adalah lebih baik untuk tinggal di rumah dan tidak menghadapi bahaya. Namun dengan hanya melakukan itu, kita kehilangan semua kesempatan yang kehidupan tawarkan. Kita tidak pernah menikmati indahnya bunga mawar jika kita tidak mengambil risiko disakiti oleh durinya. Kita tidak akan bisa bergerak maju jika kita takut rintangan. Orang yang tidak berani untuk berkomitmen tidak akan pernah merasakan kepenuhan hidup.

    Lihat beberapa gambaran lain dalam ayat-ayat tersebut. Sama seperti ayunan pintu pada engselnya tetapi tidak pergi ke mana pun, orang malas tidur ditempat tidurnya; yaitu, mereka hanya mengubah posisi, tetapi tidak pergi ke mana pun.

    Gambaran lainnya, di ayat 15, bahkan lebih mengejutkan. Mereka bisa menyuruh tangan mereka ke dalam piring makanan tetapi terlalu malas menariknya kembali untuk memberi makan diri mereka sendiri.

Tetapi lebih buruk lagi adalah kemalasan intelektual mereka, pikiran mereka yang tertutup dan keyakinan posisi mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka akan merasa selalu benar, lebih berhikmat dari tujuh orang berhikmat (Ams. 26:16), dan tidak akan terbuka bagi pandangan yang lain. yang mungkin lebih bijak dari mereka. Mereka yang berpikir bahwa mereka mempunyai semua jawaban biasanya yang tidaklah demikian.

“Dalam penghakiman, manusia tidak dihukum oleh karena mereka dengan sadar memercayai satu dusta melainkan oleh karena mereka tidak memercayai kebenaran, oleh karena mereka melalaikan kesempatan untuk mempelajari apakah kebenaran itu.”Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. I, hlm. 51. Bagaimanakah kita memahami peranan kita dalam memberi orang lain “kesempatan” untuk belajar apa yang benar? Di manakah tanggungjawab kita dimulai, dan di manakah itu berakhir?

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan