BAI FANG LI.
  Dia adalah operator becak sebagian besar hidupnya, memberikan pelayanan kepada orang-orang yang perlu untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mematok harga. Tubuhnya kecil, bahkan terlalu kecil dibandingkan dengan tukang becak lainnya. Namun, ia sangat bersemangat dan antusias. Dia mulai mengayuh becak dari jam 6 hingga jam 8 malam. Semua pelanggan menyukai Bai Fang Li karena dia ramah dan  senyum di wajahnya tak pernah lepas. 

      Bai Fang Li tinggal di sebuah gubuk tua di daerah kumuh kota di mana banyak tukang becak dan pemulung . Dia menyewa sebagian dari pondok dan membayar setiap hari untuk tempat tidur. Praktis hanya tersedia  karpet tua untuk tidur setelah  bekerja keras. Hanya ada satu ruangan di bawah atap untuk berbagi dengan beberapa orang lain. Di ruangan ini, ia sering menerima tamu yang datang untuk mendapatkan bantuan dari dia. Di dalam ruangan, ada juga kotak kardus tua di mana dia menyimpan tua, buruk robek dan dijahit selimut. Ada juga piring kaleng, yang mungkin ditemukan di tumpukan sampah di sekitar gubuk, baginya untuk makan, dan sebuah kaleng baginya untuk minum. Di sudut pondok, ada lampu minyak untuk menerangi ruang di malam hari.

      Bai Fang Li tidak memiliki keluarga . Orang-orang hanya tahu bahwa ia datang dari tempat lain. Namun, ia tidak pernah merasa kesepian karena ia selalu dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai pekerjaannya. apa yang dia mendapatkan ia menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk panti asuhan yang tidak diketahui yang menangani lebih dari 300 anak yatim piatu di Tianjin. Panti asuhan ini juga menjalankan sebuah sekolah untuk anak yatim dan anak-anak miskin di daerah. Bai Fang Li mulai memberikan ke panti asuhan pada usia 74. Ini adalah cerita bagaimana hatinya tersentuh dan bagaimana dia membuat keputusan untuk melakukan apa yang dia lakukan.

     Suatu hari dia beristirahat setelah mengantar pelanggan. Ia melihat seorang anak kecil dan kurus berusia enam tahun di jalan yang menawarkan layanan kepada wanita yang lebih tua untuk membawa belanjaan bahwa dia beli dari pasar di dekatnya. Dia melihat anak kecil ini membawa kantong belanja yang berat dengan banyak perjuangan, tapi ia bertekad untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Ada senyum lebar di wajah anak itu ketika telah menyelesaikan tugas dan menerima beberapa receh dari wanita untuk layanan. Anak ini menoleh langit menggumamkan sesuatu seakan ia berterima kasih kepada Tuhan atas berkat yang ia terima. Bai Fang lee melihat anak melakukannya untuk beberapa wanita yang berbelanja di pasar, dan setiap kali ia menerima pembayaran atas jasanya, ia akan melihat ke langit dan menyukurinya.

     Kemudian, ia melihat anak itu pergi ke tumpukan sampah dan menggali ke dalam sampah mencari sesuatu. Ketika ia menemukan sepotong roti kotor, dia begitu bahagia. Dia meletakkan roti di mulutnya dan menikmatinya seakan itu sepotong roti dari surga. Bai sangat tersentuh dengan apa yang dilihatnya. Dia mendekati anak itu dan menawarkan untuk berbagi makan siang dengan dia. Bai bertanya-tanya mengapa anak itu tidak membeli makan siang yang layak dengan uang yang diperoleh dari penyediaan layanan kepada wanita. Anak itu berkata, "Saya akan menggunakan uang itu untuk membeli makanan bagi saudara saya." Bai bertanya, "Di mana orang tuamu?" Anak itu menjawab, "Orang tua saya memisahkan barang-barang dari sampah sehari-hari. Namun, satu bulan yang lalu, mereka menghilang dan aku belum pernah melihat mereka lagi. Jadi, saya harus bekerja untuk memberi makan diri sendiri dan dua saudara saya yang lebih muda."

      Bai Fang Li meminta anak itu untuk membawanya ke saudara-saudara perempuannya. Hati Bai menangis ketika ia melihat dua anak perempuan, 5 dan 4 tahun. Gadis-gadis yang kotor dan kurus, dan pakaian mereka yang sangat kotor. Para tetangga tidak peduli tentang kondisi ketiga anak ini karena mereka juga berjuang untuk mengatasi dengan kehidupan mereka sendiri.

        Bai Fang Li mengambil tiga anak ini ke panti asuhan di Tianjin. Dia mengatakan kepada manajer panti asuhan bahwa ia akan membawa uang yang ia hasilkan dan memberikannya kepada panti asuhan untuk membantu anak-anak di sana untuk mendapatkan makanan, perawatan dan pendidikan. Sejak itu Bai Fang Li memutuskan untuk bekerja lebih keras dan dengan tekad yang lebih dalam mengoperasikan becak untuk mendapatkan uang untuk panti asuhan.

     Dia sangat senang melakukan semua hal ini, meskipun keterbatasannya. Dia merasa bahwa itu adalah sebuah kemewahan yang ia punya tempat tinggal, makanan untuk makan dan pakaian untuk dipakai, walaupun pakaian yang ia dapatkan dari pembuangan sampah. Dia selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya. Bai Fang Li pada saat-saat terakhir hidupnya saat ia terletak menderita kanker paru-paru

       Bai Fang Li memulai menyumbang ke panti asuhan sejak 1986. Dia tidak pernah meminta imbalan apa pun dari panti asuhan. Dia bahkan tidak tahu mana anak-anak diuntungkan dari donasi nya. Selama 20 tahun ke depan, Bai Fang Li dioperasikan becak nya untuk satu tujuan: untuk dapat memberikan sumbangan untuk panti asuhan di Tianjin. Pada usia 90, ia membawa semua tabungannya sekitar sekitar US $ 80 (Rp. 960.000) bahwa ia telah tersimpan rapi dalam kotak ke sekolah yang bernama Yao Hua yang dijalankan oleh panti asuhan.

     Bai Fang Li berkata dengan suara sedih, "Saya terlalu tua dan lemah untuk mengoperasikan becak sekarang. Aku tidak dapat melanjutkan dengan sumbangan. Ini bisa menjadi sumbangan terakhir saya .." Semua guru di sekolah tersentuh dan menangis. Ketika Bai Fang Li meninggal pada usia 93, ia meninggal dalam kemiskinan. Meskipun itu, ia telah menyumbangkan sekitar US $ 53.000 ( Rp. 636.000.000,-) kepada panti asuhan.
 
Dengan kisah Bai Fang Lee menjadi contoh  kepada kita bagaimana bekerja keras sesungguhnya bukan karena usia. Seperti di Alkitab kita baca dalam Ams 6:6  Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan