Sepersepuluh dari Selasih

"Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan" (Lukas 11.42).

     Kami menanam pepermint di dekat taman berair, sehingga tanaman itu mendapat naungan, kelembapan, dan tanah yang dingin membantunya berkembang. Bahkan, sebagaimana rumput, pepermint menyebar dan tumbuh subur dengan cepat di tanah berair. Karena kandungan mentolnya tinggi, mint menjadi penyedap rasa favorit untuk permen es krim dan seduhan. Bahkan obat-obatan, pasta gigi, permen karet, dan obat kumur sering mengandung bahan mint. Tumbuhan ini sangat popular sehingga banyak orang menanamnya selama berabad-abad dan menggunakannya dalam segala macam cara.

     Jadi di manakah mint berada di dalam pepermint? Di laboratorium, kami telah meneliti daun mint dengan mikroskop elektron. Apa yang kami lihat pada permukaan daun adalah permukaan daun yang khas dengan beberapa bulu mencuat keluar dari belakang sel-sel epidermis. Tapi permukaan daun normal dihiasi banyak bulu yang berulir, masing-masing terletak dalam menempel pada permukaan daun bagian atas. Ahli botani menyebutnya bulu ilur berlemak kelenjar peltate trikoma, yang berarti “berbentuk perisai” (peltate) rambut (trikoma) yang menyekresikan,(kelenjar). Peltate yang membelah kelenjar trikoma secara perlahan membuat kluster berbentuk delapan sel sekresi (perisai) yang terpasang di pusat tangkai sel, di mana sel itu terhubung ke satu sel basal yaitu sel epidermis daun. Selama puncak produksi sel, delapan sekretori menghasilkan minyak pepermint, dengan masing-masing sel memompa minyak di bawah kutikula berlilin yang menutupi delapan sel itu. Kutikula membengkak dengan akumulasi minyak dan berkembang menjadi tetesan lemak dari minyak yang terkandung di bawah lapisan lilin yang rapuh. Bahkan sentuhan lembut akan mematahkan banyak pelindung lilin, namun melepaskan minyak dengan aroma dan rasa yang menyegarkan.

     Tanaman mint mudah berkembang biak, setiap batang menghasilkan sepasang daun yang baru setiap dua atau tiga hari. Dapatkah Anda membayangkan bahwa produktivitas seperti itu pasti menyenangkan orang Farisi? Samentara parsepuluhan adalah penting, pelajaran mint dan tanaman herbal lainnya memiliki prioritas yang lebih tinggi. “Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu? (Mikha 6:8).

     Tuhan, terima kasih untuk kejelasan Firman-Mu yang membuat saya tahu pekabaran penting yang dapat saya hidupkan. Bantulah saya agar tetap fokus untuk selalu memperlakukan orang lain secara adil dan dengan penuh kasih sebagaimana saya berjalan bersamamu dengan rendah hati hari demi hari.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan