Alfa-Amilase

"Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu” (1 Timotiuts 4:14).

    Saya senang mengetahui bagaimana sesuatu dibuat. Lonceng tangan kuningan yang mengilap, penenun wol baja yang kasar, masin pencuci piring, jam kukuk, ban raksasa - daftar ini tampaknya tak berakhir pada Discovery Science Channel, dalam acara How It’s Made. Betapa karya manusia jenius dengan daya cipta yang mengagumkan. Tetapi apa yang menarik perhatian saya, adalah banyak mesin yang dirancang khusus untuk. pengeboran, membengkokkan, mendorong, mencetak, menutup, membungkus, mengecat, memoles, atau apa saja yang sedang diproduksi. Tanpa mesin-mesin, barang-barang tidak bisa dibuat. Dan seseorang harus berpikir tentang desain dan membuat perangkat tersebut.

     Dalam beberapa hal, sel sama seperti pabrik raksasa hanya saja sel itu sangat kecil dan banyak mesin khusus di dalamnya yang bahkan lebih kecil lagi dan terbuat dari protein bukan - dari baja, karet, dan plastik. Seperti mesin baja pabrik yang berderak, sel mesin protein ini secara khusus dirancang untuk membuat lubang, membengkokkan, memotong, memoles, atau melakukan salah satu dari ribuan tugas khusus lainnya dalam proses pembuatan sesuatu atau mengambil bagian untuk daur ulang atau membuat suku cadang bagi sesuatu yang lain.

    Mesin protein sel dikenal sebagai enzim. Sang Pencipta telah merancang masing-masing enzim untuk melakukan satu tugas dan untuk melakukannya dengan baik. Sebagai contoh, alfa-amilase, salah satu komponen dalam air liur, memotong atau menggunting molekul larutan yang panjang (seperti pati beras, sereal, pasta, atau kentang) menjadi molekul larut lebih pendek. Dan jika Anda mengunyah makanan dengan baik, maka Anda akan merasakan rasa manis. Itu karena alfa-amilase terus bekerja sampai mendapatkan rantai panjang untuk dipangkas menjadi maltosa-butiran gula, disakarida. Enzim lain, maltase, dengan mudah mengubah maltosa menjadi glukosa gula darah. Jadi sekarang Anda tahu mengapa ibu Anda menyuruh untuk mengunyah makanan Anda dengan baik.

    Dalam skema besar, apakah pekerjaan khusus Anda? Apakah yang telah Tuhan rancang untuk Anda lakukan? Mungkin beberapa dari kita masih kuliah atau sekolah pascasarjana. Perancang Agung mungkin masih membentuk Anda, mempersiapkan Anda untuk melakukan tugas khusus bagi-Nya. Setelah siap, berkualitas, dan terampil untuk melakukan tanggung jawab itu pada waktu tepat dan di tempat yang tepat di mana Dia membutuhkan Anda untuk menjadikan Anda merasa cukup penting. Tetapi Tuhan selalu mempersiapkan kita untuk tujuan-Nya di seluruh kehidupan kita. Tidak diragukan lagi, Anda istimewa dan, seperti Ratu Ester, Anda sedang dipersiapkan untuk "waktu seperti ini" (Ester 4:14). Jadi bersabarlah dan biarkanlah Perancang Agung membuat Jalan-Nya bagi Anda.

     Tuhan, tolong saya agar sabar ketika Engkau mempersiapkan saya untuk melakukan pekerjaan khusus bagi-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan