Selalu Lebih Banyak Belajar

“Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui” (Ayub 42:3).

    Dengan mikrofnn berbentuk parabola, headphone, dan peralatan rekaman audio, Christina, salah seorang mahasiswa pascasarjana kami, menghabiskan ratusan jam di lapangan dan di laboratorium untuk merekam ribuan suara tiga spesies jangkrik jantan yang berbeda. Selain setiap seri suara nada tinggi dari lagu berpacaran pejantan, dia juga mencatat lokasi, waktu, suhu, kelembapan, dan banyak data lingkungan lainnya, Dan dalam satu sari eksperimen, ilmuwan lain bekerja sama dangan dia untuk merekam suara jangkrik spesies yang sama di tempat lain yang berjarak ratusan mil ke utara dan selatan dari tempat dia berada pada hari yang sama. 
    Jadi apakah yang ditemukan Christina? Dia melaporkan variabilitas mengejutkan daiam lagu panggilan jangrik dan lagu ini dipengaruhih oleh usia, perilaku, faktor lingkungan jangrik, dan bahkan mungkin anatomi jangkri-jangrik pembuat lagu tersebut. Anda mungkin berkata, “Wah! Siapa yang peduli dengan jenis-jenis lagu panggilan jangkrik?” Saya akan memberitahu Anda siapa yang mempedulikannya. Ratusan ilmuwan di Amerika Serikat dan Eropa yang mempelajari kompleksitas ekstrem sistem saraf telah bekerja selama beberapa dekade untuk memahami bagaimana sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain. 
    Karena sistem saraf manusia atau tikus terlalu rumit, maka para ilmuwan telah menggunakan jangkrik sebagai serangga percobaan mereka. Setelah beberapa dekade, mereka meneliti bagaimana jangkrik betina menanggapi lagu panggilan jangkrik jantan. Kembali ke belakang di awal saat seorang atau dua ilnuwan merekam lagu panggilan jantan, lalu menggolongkannya, menjelaskannya dalam literatur, dan satu lagu telah diproses secara elektronik jutaan kali pada puluhan laboratorium di seluruh dunia untuk nuempelajari baglaimana sistem saraf betina jangkrik dan bagaimana jangkrik jantan menanggapi hal ini, dan inilah yang disebut lagu panggilan yang ideal. 
    Pekerjaan Christina menunjukkan bahwa kita harus lebih banyak belajar. Kita sama sekali tidak memahami sistem saraf. Seperti semua ciptaan Tuhan itu luar biasa, dan hidup tidaklah sesederhana yang kita lihat atau mencoba untuk membuatnya. Berbagai jenis kejutan adalah kenyataan hidup. 
    Tuhan Yesus, kejutan apakah yang Engkau miliki antuk saya hari ini? Ajarkanlah kekayaan pengetahuan-Mu kepada saya. Sementara saya belajar lebih banyak lagi tentang hal-halyang Engkau buat, maka saya menyembah dan menghormati-Mu.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan