Berkah Kelelawar

"Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur sesuai dengan segala yang dilakakan TUHAN kepada kita" (Yesaya. 63:7)

     Saya memuji Allah karena kelelawar. Mayoritas orang menganggap kelelawar itu jelek dan berbahaya, sesuatu yang perlu ditakuti. Terjemahan Alkitab bahasa Inggris rupanya menyebutkan kelelawar tiga kali (Imamat 11:19; Ulangan 14:18; Yesaya 2:20), tetapi hanya Yesaya secara khusus mengacu pada kelelawar. Dua ayat sebelumnya menggunakan kata Ibrani dengan arti yang tidak pasti dimana para sarjana hanya menduga bahwa itu mungkin merujuk pada Kelelawar. Hanya ada satu referensi dalam seluruh Alkitab kepada satu ciptaan Tuhan yang benar-benar menakjubkan dan penting ini. Mari kita lihat lebih dekat.
     Ilmu pengetahuan mengetahui bahwa ada lebih 1.100 jenis kelelawar. Tentu saja kelelawar adalah satu-satunya jenis mamalia yang bisa terbang selama berjam-jam pada suatu waktu secara bebas. Bukankah luar biasa memiliki kemampuan itu? Kebanyakan kelelawar memakan serangga yang terbang pada malam hari, banyak dari antaranya adalah jenis perusak tanaman atau hama, seperti ulat dan nyamuk. Goa Bracken di Texas Tengah adalah rumah bagi populasi kawanan . kelelawar tanpa ekor Meksiko yang memakan sekitar 200 ton serangga setiap malam selama musim panas. 
      Berbicara tentang pengendalian hama yang efektif, kami menikmati tontonan beberapa kelelawar cokelat kecil yang secara teratur berpatroli di sekitar rumah kami di Michigan setiap malam musim panas. Kawanan ini bisa mengurangi sekitar 1.000 nyamuk per jam. Kelelawar terkecil, yang disebut kelelawar lebah, yang beratnya kurang dari dua gram, lebih kecil dari koin sen, ditemukan di Thailand dan Myanmar. Sebaliknya, kelelawar terbesar mendiami hutan tropis Filipina, beratnya hampir tiga kilogram, memiliki lebar sayap antara lima sampai enam kaki, dan menyandang nama raksasa bermahkota emas—flying fox. Dinamai karena wajahnya terlihat sangat mirip rubah. Kelelawar pemakan buah banyak ini terancam punah karena kerusakan habitatnya di sepanjang sungai di mana ia makan. Dikenal sebagai penanam benih diam-diam, kotorannya mengandung biji; dan kawanan ini menjadi kontributor penting untuk reboisasi.
      Kunjungilah batcon.org, situs weh Bat Conservation International, untuk belajar lebih banyak tentang kelelawar dan mengapa populasinya menurun di seluruh dunia. Setiap jenis makhluk yang diciptakan Allah melayani tujuan yang penting. Bahkan kelelawar vampir menghasilkan enzim ludah yang memiliki antipembekuan darah yang hebat di mana sekarang sedang dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk penderita stroke
Tuhan, makin banyak kami belajar tentang ciptaan-Mu, kami berdiri semakin mengagumi-Mu. Engkau baik dan agung untuk dipuji.
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan