Perbuatan Ajaib

“Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala saku bangsa” (Mazmur 96:3).

    Jika Anda diminta mengidentifikasi sistem yang paling luar biasa dan mengagumkan di alam semesta ini, apakah yang akan Anda katakan? Bagi saya, hal itu adalah sistem biologi, mungkin otak manusia. Seorang astronom mungkin memilih sebuah sistem galaksi. Seorang ahli biologi molekuler mungkin memilih enzim elegan kompleks. Mungkin jawaban Anda untuk pertanyaan itu tergantung pada banyaknya yang Anda teliti atau pikirkan.

   Dengan perkiraan 100 miliar neuron (sel otak) dengan hubungan yang tidak; terhitung satu sama lain dan berbagai sirkuit yang dikontrol, otak manusia sering dinyatakan sebagai contoh keindahan yang tak terbayangkan dan sangat rumit. Hal ini sangat rumit dan bahkan ahli saraf modern hanya bermain dengan kerikil di tepi lautan pengetahuan yang luas. Salah satu cara untuk mempelajari yang kompleks adalah belajar dari sistem analog yang sederhana. Ketika kami mengetahui sistem yang sederhana, kami mulai dengan membayangkan perbandingan, kemudian mengajukan pertanyaan bagaimana itu bekerja, dan akhirnya menguji hipotesis kami. Apakah mungkin manusia bisa memahami otak manusia sepenuhnya? Hal ini cukup aman mengatakan bahwa itu tidak akan terjadi dalam hidup kita.

   Lalat buah yang kecil dengan mata merah yang terbang di sekitar buah persik kami yang matang selama akhir musim panas memiliki sekitar 100.000 neuron - sebuah sistem yang sederhana jika dibandingkan dengan otak manusia. Dan sekarang, dengan menggunakan kekuatan teknik berbasis komputer baru, ahli saraf mulai membuat peta digital dari otak lalat buah yang sangat kecil. Sel demi sel muncul dengan rinci melalui pekerjaan melelahkan yang menunjukkan bahwa otak memiliki pola luar biasa kompleks dan indah Seperti biasa, penelitian tersebut memberikan kejutan. Neuron, yang ilmu pengetahuan sebelumnya gambarkan, dengan variasi yang menakjubkan muncul secara struktural dengan rincian pada berbagai bagian otak. Struktur yang berbeda biasanya akan fungsi berbeda. Bagaimana neuron saling terhubung - sirkuit otak - menunjukkan kesamaan yang menakjubkan antara satu sirkuit otak dengan sirkuit otak yang lain. Oleh karena itulah maka kita bisa membuat sebuah rencana, sebuah tujuan, sebuah desain yang indah di sini. Mari kita menyembah dan menghormati Sang Pencipta yang memberikan kita neuron dengan koneksi dan kemampuan untuk berpikir tentang Dia dan tentang hal-hal yang Dia telah buat.

   Tuhan, apakah setiap sel otak benar-benar memiliki fungsi tertentu? Apakah Engkau benar-benar mengatur setiap kehidupan saya dengan rinci? Dalam bidang apakah dalam kehidupan saya, saya membiarkan gagal menjalankan rencana-Mu untuk saya? Ajarlah saya bagaimana menghormati dan memuliakan nama-Mu lebih baik dalam komunitas saya.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan