Kutu Daun (Bagian II):Kelimpahan

"Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik,menjadi kaya dalam kebajikan,suka memberi dan menolong" (1 Timotius 6:18)

    Dalam berproduksi, kutu daun juaranya. Satu kutu dapat menghasilkan sekitar 100 anak hanya dalam beberapa minggu. Jika anda menggunakan mikroskop untuk mengintip ke dalam tubuh semitransparan kutu dewasa,anda dapat melihat miniatur kutu daun bertumbuh bersiap untuk dilahirkan.Kebanyakan serangga bertelur.Tapi kutu daun mengandung saat masih muda.Kutu daun bisa melahirkan lima bayi kutu setiap hari selama satu bulan atau lebih. Dan dalam waktu sekitar satu minggu, pendatang baru akan melahirkan anaknya juga. Kutu-kutu ini berkembang biak begitu cepat karena begitu lahirmaka generasi berikutnya sudah berkembang dalam tubuhnya. hal ini mengingatkan saya dengan boneka Matryoshka.Anda mungkin pernah melihat satu set boneka rusia yang diukir dan dicat cerah, masing-masing satu didalam yang lain.kutu daun seperti itu kutu-kutu ini memiliki setidaknya tiga generasi bersarang dalam satu kutu, membuat kutu-kutu ini luar biasa dalam hal berproduksi.
     Bagaimanakah kutu-kutu ini melakukannya? Hal ini secara tekhnis disebut partenogenesis, reproduksi tanpa pembuahan.Tiidak ada jantan dalam reproduksi ini,hanya betina. Dan semua betina secara genetik identik satu sam lain. Ketika anda melihat sekelompok kutu daun, maka disisi bawah daun anda akan menemukan banyak kutu daun yang kecil tidak bersayap (betina yang dikloning),yang sedikit lebih besar, dan bahkan satu atau dua memiliki sayap. Dengan cepat anda akan menyadari bahwa kutu daun tidak semua identik .Kutu daun menggunakan beberapa strategi untuk reproduksi tergantung pada cuaca dan kesehatan tanaman. Ketika cuaca musim panas,atau ketika tanaman stress,atau ketika tanaman itu mau mati, maka beberapa betina mengembangkan sayap dan terbang ke tanaman yang sehat.
      Diakhir musim menjelang cuaca dingin beberapa betina berubah menjadi jantan.Ketika jantan kawin dengan betina, betina tidak melahirkan yang muda,telur yang diproduksi akan bertahan selama musim dingin di beberapa tempat yang terlindungi. Pada misim semi berikutnya telur akan menetas menjadi kutu betina baru yang sekali lagi dimulai dengan trik boneka Rusia karena kutu daun itu lembut dan tidak berdaya ,bergerak lambat,maka banyak serangga lain memakan kutu-kutu ini jadi menu makan siang menjadi sangat produktif adalah kunci kutu-kutu ini berashasil sebagai spesies. Oleh melakukan  dengan baik apa yang kutu-kutu ini bisa lakukan -yaitu berproduksi -maka kutu-kutu daun dpat menyebar luas
     Tuhan meskipun sifat alami saya pelit,saya ingin belajar pelajaran yang menggunakan karunia-karunia di mana engkau telah memberikan kepada saya dalam kelimpahan, kedermawan, dan cara-cara yang berlimpah.saya pun mau berubah.

0 komentar :

Post a Comment

 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan