Tanggung Jawab Kita


     “Kalau Aku berfirman kepada orang jahat, ‘Hai orang jahat, engkau pasti mati!’ Dan engkau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu supaya bertobat dari hidupnya, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu” (Yes. 33:8). Apakah prinsip dasar rohani yang dinyatakan di sini? Bagaimanakah kita mengambil konsep ini dan menerapkannya kepada kehidupan kita sehari-hari?
       Beberapa tahun yang lalu, di satu kota bagian Barat, seorang wanita diserang pada malam hari di jalan. Ia berteriak meminta tolong; lusinan orang mendengar, namun tidak satu orang pun yang tergerak untuk menelepon polisi. Kebanyakan orang memandang ke luar jendela dan kemudian kembali kepada yang mereka sedang kerjakan. Segera teriakan wanita itu berhenti. Kemudian, ia ditemukan tewas, ditikam berkali-kali.

       Di manakah orang-orang yang mendengarkan teriakannya tetapi tidak melakukan apa-apa bertanggungjawab akan kematiannya? Meskipun mereka sendiri tidak menyerangnya, apakah kelambanan mereka menjadi membunuh si wanita itu?

          Bacalah Amsal 24:11, 12, 23-28. Apa pekabaran-pekabaran penting di sini bagi kita?

       Hukum Musa dengan jelas mengamarkan bahwa mereka yang gagal untuk melaporkan apa yang mereka saksikan akan menanggung rasa bersalah (Im 5:1). Kita mungkin tidak mampu untuk bertindak melawan kejahatan, tetapi jika kita berdiam diri terhadap apa yang kita lihat, kita akan berbagi rasa bersalah dengan si penjahat. Dengan berdiam, kita menjadi kaki tangan.

       Di sisi lain, jika kita melaporkan kebenaran di dalam kesaksian kita, memberikan “jawaban yang benar” (Ams. 24:26), kita menanggapi dengan tepat dan berperilaku sebagai orang yang bertanggung jawab. Tindakan ini dibandingkan kepada ciuman di bibir, yang berarti bahwa orang tersebut peduli kepada orang lain.

        Sangatlah tragis untuk tetap berdiam dan tidak melakukan apa pun saat seorang wanita dibunuh di jalan Anda. Tetapi bagaimanakah dengan banyak kejahatan lainnya di bumi: Kelaparan, perang, ketidakadilan, rasisme, penindasan ekonomi? Apakah tanggung jawab kita di sini?
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan