Pipa Kutu Daun 

“Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (Yohanes 13: 35).

     Beberapa kutu daun telah benar-benar bekerja sama dengan para ilmuwan, untuk membantu mereka membuat beberapa penemuan yang sangat penting tentang fisiologi tanaman. Jadi, mengapa membenci kutu daun? Ahli biologi telah menggolongkan lebih dari 4.000 spesies. 
    Hanya sekitar 250 jenis kutu daun yang menyebabkan masalah dan memberikan nama buruk bagi kutu daun yaitu hama, karena mereka berproduksi begitu cepat. Ketika kutu daun makan dalam jumlah besar, mereka dapat menguras kehidupan dengan memakan makanan penting dari tanaman hias. Mereka bisa menyebarkan penyakit tanaman, juga. 
    Banyak spesies kutu daun yang memakan hanya satu jenis tanaman. Yang lainnya, menyukai banyak jenis dan hidup pada ratusan spesies tanaman. Cara makan kutu daun adalah dengan menyodok tabung makanan yang sangat kecil atau pipa ke bagian-bagian lunak tanaman yang lembut sampai pipa memasuki satu sel gula tekanan tinggi pada tanaman, dikenal sebagai saringan sel. Tapi seperti yang kita lihat dalam bacaan sebelumnya, serangga tidak perlu mengisap pakai sedotan kecil mereka. Kekuatan tekanan tinggi pada larutan yang manis dalam sel jaringan makanan akan membuat kutu dapat makan. 
    Faktanya, larutan gula dengan cepat membuat tubuh lembut mereka menjadi gembung, dan supaya tidak meledak, mereka harus membiarkan itu bergerak tepat melalui tubuh mereka. Untuk mengurangi tekanan, larutan manis yang berlebihan menetes keluar dari anus kutu kecil yang disebut honeydew. Beberapa semut memakan air gula itu yang disebut melon. Untuk menjaga pasokan makanan mereka, semut sebenarnya ternak dan melindungi kutu daun yang “memberikan susu” melonnya. 
    Para ilmuwan yang mencoba untuk menentukan komposisi unsur kimia yang tepat pada sel jaringan tanaman di mereka mengalami kesulitan mendapatkan sampel yang akurat untuk mengujinya. Setiap kali para ahli itu menusuk atau memotongnya menjadi saringan, perubahan tekanan akan memicu kebocoran sistem perlindungan tanaman, dan aliran cepat berhenti. Bahan kimia untuk melindungi kebocoran juga akan mengkontaminasi sampel. 
    Tetapi ketika para ilmuwan bekerja sama dengan kutu daun maka mereka berhasil. Serangga tidak hanya menyediakan ukuran tabung yang tepat, tetapi juga menyisipkan makanan mereka ke tabung sel yang tepat dengan demikian menghindari respons kebocoran perlindungan tanaman. Setelah kutu daun yang terhubung, ahli tanaman memotong yang terlepas dari kutu dan mengumpulkan jus tanaman yang mengalir ke luar. Dengan metode inovatif ini, ilmuwan tanaman sekarang mendapatkan sampel saringan isi sel yang akurat dan lebih memahami kapasitas dan kecepatan aliran produk fotosintesis yang diangkut. 
    Tuhan, alirkanlah kasih-Mu melalui saya sehingga orang lain dapat mengecap kasih-Mu yang manis, melimpah, dan memberi hidup. Dengan pertolongan-Mu hari ini, biarlah saya menjadi saluran berkat itu
 
RENUNGAN GMAHK © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top
close
Banner iklan